Senin, 17 November 2014

Mengelola Keuangan Dengan Baik

Dalam kehidupan di masyarakat, uang sangat di perlukan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Pada jaman sekarang ini, semua harga- harga makanan dan kebutuhan pokok hampir naik semua, dan hal itu sangat menyulitkan kita untuk bisa memenuhi kebutuhan kita dengan baik. Mengelola keuangan dengan baik merupakan salah satu cara kita agar kita bisa tetap memenuhi kebutuhan kita tanpa harus banyak mengeluarkan uang sebagai pemborosan yang tidak perlu. Contohnya saja dalam sebulan seorang anak kuliah yang sekaligus bekerja harus bisa memisahkan uangnya untuk belanja keperluan sehari- hari dengan biaya untuk kuliahnya.


Harga- harga semua barang di jaman sekarang sudah benar- benar naik dan sangat berbeda dengan dulu, harga rupiah pun kadang turun dan juga naik. Sebagai masyarakat yang memiliki kebutuhan yang banyak, tentu penghematan merupakan salah satu cara yang paling di butuhkan untuk membuat kebutuhan kita bisa tercukupi. Misalnya seseorang yang memiliki penghasilan satu juta dalam sebulan harus memiliki banyak cara untuk menghemat uangnya dalam membelanjakannya. Contohnya saja dia anak kuliahan yang tinggal di tempat kost nya. Saat dia bekerja dan mendapat penhasilan, otomatis dari situ di mulailah cara untuk menghemat pengeluarannya. Dia harus mampu memilih mana kebutuhan dan keinginan.

Kebutuhan pokok sangat penting dalam kehidupan kita, seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal, maka selama kita belum mampu untuk memenuhi keinginan kita, setidaknya kita harus lebih mampu untuk bisa memenuhi kebutuhan kita. Tanpa kebutuhan pokok, manusia akan sulit untuk bertahan hidup. Selain itu seorang anak kuliahan yang tinggal seorang diri juga harus bisa memisahkan penghasilannya untuk membeli kebutuhan pokok dan juga biaya untuk kuliahnya. Jika dia tinggal di rumah sendiri, maka dia tidak perlu memikirkan biaya untuk tempat tinggal, kecuali jika dia tinggal di tempat tinggal orang lain, seperti hal nya mengontrak rumah.

Pengelolaan keuangan yang baik merupakan sumber paling utama untuk kesejahteraan hidup kita. Orang yang bisanya hanya melakukan pemborosan tidak akan bisa bertahan lama dengan keadaan harga kebutuhan yang melonjak tinggi, jika uang yang di milikinya tidak cukup, maka dia akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya, maka di sinilah di butuhkan pembelajaran bagaimana cara mengelola keuangan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar