Senin, 17 November 2014

Menjaga Kesehatan Tubuh Dari Asap Kendaraan

Sekarang ini banyak sekali orang yang lebih memilih menggunakan motor dan mobil pribadi daripada menggunakan angkutan umum, akibatnya sekarang jumlah motor dan mobil meningkat, serta polusi yang di hasilkan oleh asap kendaraan mobil dan motor pun juga meningkat. Kita semua pasti sudah tahu betapa bahaya nya asap kendaraan bagi kesehatan tubuh kita, terutama untuk kesehatan paru-paru kita. Masalah polusi udara atau pencemaran udara, biasanya berkaitan dengan asap pabrik atau kendaraan yang mengganggu organ pernafasan kita.

Polusi yang saat ini berada di sekeliling kita adalah asap dari kendaraan mobil dan motor. Hampir semua orang sekarang memiliki kendaraan  motor, maka tak heran jika di luar sana asap kendaraan sudah melebihi kapasitasnya. Asap kendaraan sangat tidak baik untuk kesehatan kita, polusi yang di sebabkan oleh asap kendaraan bisa membuat paru- paru kita menjadi tak sehat. Jika kita setiap hari menghirup udara yang penuh dengan asap kendaraan yang kotor dan hitam, maka paru- paru kita akan mengalami gangguan, hal itu yang bisa membuat pernafasan kita terganggu.


Ada beberapa solusi untuk mengurangi polusi udara yang bisa kita hirup, salah satunya adalah dengan memakai masker. Sekarang tak hanya pengendara motor yang memakai masker, namun banyak juga masyarakat pengguna angkutan umum yang menggunakan masker untuk menghindari terhirupnya polusi seperti asap kendaraan bermotor yang berada di sekitar mereka. Masker merupakan cara paling sederhana untuk mengurangi terhirup nya asap kendaraan yang banyak di luar sana, cara keduanya adalah menanam pohon atau menghijaukan kota dengan pohon dan tanaman. Pohon- pohon ini setidaknya berfungsi untuk mengeluarkan oksigen dan udara yang bersih di sekitarnya. Banyak orang yang merasa sejuk saat berada di bawah pohon, hal ini karena pohon juga menyegarkan udara di sekitarnya. Hal ini juga mengurangi polusi udara di perkotaan. Langkah go green memang sedari dulu harus di lancarkan. Dan yang paling penting kesadaran diri kita sendiri, jangan sampai kita membawa kendaraan yang mengeluarkan asap berlebih. Bagi kita pengguna kendaraan bermotor pun harus menjaga kendaraan kita agar tetap aman dan tidak mengeluarkan asap yang bisa mengganggu orang lain.

3 komentar: