Selasa, 21 Oktober 2014

Pengaruh negatif dan positif lingkungan terhadap perilaku remaja

Lingkungan sangat berpengaruh besar terhadap kepribadian seorang remaja, tentu saja karena ini merupakan hubungan langsung yang mempengaruhi perilaku seorang remaja. Lingkungan yang paling berhubungan dengan kondisi remaja adalah lingkungan dimana dia tinggal dan bersosialisasi. Tentunya lingkungan di sekitar rumah dan juga sekolahnya. Lingkungan merupakan salah satu faktor penting yang berperan langsung terhadap kondisi remaja saat ini.

Lingkungan di sekolahnya adalah tempat sehari- hari dimana dia bersosialisasi bersama teman- temannya, tentunya juga dengan pergaulan yang baik dan buruk. Berada di sisi dan bergaul langsung dengan teman- teman sekolahnya merupakan cara terbaik seorang remaja berkomunikasi, pergaulan mereka pun tentunya di penuhi dengan pergaulan yang negatif dan juga pergaulan yang positif.
Salah satu pergaulan positif adalah mereka bisa belajar dan berbagi cerita bersama, tentunya ini akan meningkatkan rasa pertemanan dan juga persaudaraan mereka. Ada kalanya remaja untuk saling berbagi curahan hati, hal ini juga bisa membuat mereka lebih berpikir positif dan juga belajar untuk memberi dan menerima saran dari temannya yang tentu saja dalam hal yang positif.


Pergaulan di lingkungan sekolah juga tidak selamanya positif, dalam hal negatif, misalnya ada beberapa teman yang sering datang terlambat, tidak mentaati peraturan di sekolah mereka, tidak mengerjakan tugas mereka, dalam hal ujian mereka juga tidak jujur, dan bahkan sampai terjadi perkelahian antar teman di sekolahnya. Hal- hal negatif seperti ini bisa saja menular pada teman- temannya yang lain, dampak negatif yang buruk, yang terkadang ada satu dua remaja yang membawa dampak buruk ini dari luar dan menyebarkan di sekolah. Banyak yang terbawa pergaulan negatif dikarenakan mereka terlalu sering bersama dan bergaul dalam hal tidak baik.

Selain lingkungan sekolah, lingkungan rumah juga berpengaruh sangat pada kepribadian seorang remaja. Keluarga yang harmonis, saling menyayangi, membantu satu sama lain dan mementingkan kepentingan orang lain bisa membawa hal positif bagi perilaku remaja. Sebaliknya juga jika suasana di rumah begitu runyam, seringnya terjadi pertengkaran antara orang tua atau bahkan antara sodara mereka sendiri, terkadang hal ini malah membuat remaja menjadi stres dan akhirnya tidak betah di rumah.. jika seorang remmaja sudah tidak betah tinggal di rumah, tentu dia akan berkeliaran ke tempat dimana teman- temannya berkumpul.


Saran positif yang diberikan temannya tentu akan sedikit demi sedikit merubah perilakunya, namun jika temannya malah memprovokasinya, yang dikhawatirkan adalah remaja itu lari ke dalam dunia gelap yang menghancurkan masa depannya sendiri. Jangan sampai hal ini terjadi, remaja yang masih dalam masa perkembangan dan juga masa emosi yang tidak stabil, maka orang dewasa harus lebih mementingkannya dan memberi perhatian lebih pada mereka.


1 komentar: