Rabu, 08 Oktober 2014

Perubahan perilaku masyarakat

Perilaku manusia adalah sekumpulan bentuk perilaku manusia yang dipengaruhi oleh adat, sikap, emosi, nilai, etika, kekuasaan, genetika dan lain- lainnya.
Perilaku manusia sendiri dibedakan menjadi beberapa macam, perilaku yang wajar, perilaku yang dapat diterima, perilaku yang aneh dan bahkan perilaku yang menyimpang.

Dalam kehidupan sehari- hari, manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa  hidup sendiri. Manusia saling membutuhkan satu sama lainnya. Dalam perilaku manusia, hal itu juga bisa dipengaruhi oleh lingkungan dan sikap masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Perilaku setiap orang pastilah berbeda- beda, bahkan dalam satu rumah pun, terdapat bermacam- macam perilaku yang berbeda.




Dalam hal ini ketika seseorang bergaul dengan teman – temannya, maka dia pun akan melihat bagaimana perilaku teman –temannya itu. Dia bisa melihat perilaku yang wajar, yang buruk, yang baik atau bahkan perilaku yang dianggapnya aneh. Seseorang bisa saja merubah atau bahkan berubah perilakunya karena faktor tersebut. Karena melihat teman- temannya yang lebih modern , biasanya dia yang ikut bergaul dengan teman- temannya tersebut cenderung untuk ikut merubah perilakunya juga.

Hal positif jika seseorang berubah perilaku atau kepribadiannya karena teman- temannya, misalnya yang tadinya malas belajar, karena setiap hari bersama teman- temannya yang rajin belajar maka dia pun merubah perilakunya menjadi lebih baik, menjadi rajin belajar dan dapat mengatur waktunya dengan sebaik- baik mungkin.



Naun tak jarang terdapat juga perilaku manusia yang buruk atau negatif, hal ini juga bisa disebabkan oleh faktor di atas, misalnya pergaulan dengan teman –temannya. Jika teman – temannya terbiasa berbuat kasar dan berperilaku buruk, maka dia yang setiap harinya bertemu bahkan berkumpul bersama teman- temannya pun akan ikut terbawa menjadi perilaku yang buruk, bahkan lebih buruknya lagi, dia bisa membuat dirinya berperilaku menyimpang.

Pergaulan di masyarakat yang luas ini sangat berperan penting terhdapa perilaku seseorang, dia akan merubah perilakunya sendiri secara sengaja, atau bahkan ada juga yang tidak menyadarinya bahwa perilakunya itu telah berubah. Lingkungan sekitar dia tinggal sehari –hari, akan menjadi poin pertama dia mendapatkan perilaku yang positif maupun negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar