Selasa, 21 Oktober 2014

Pengaruh Negatif Sinetron Terhadap Pelajar

Sekarang ini banyak sinetron yang tayang di televisi dengan beragam cerita. Dan kebanyakan hampir semua sinetron itu bercerita tentang percintaan. Bahkan ada sinetron yang diperankan oleh remaja – remaja smp namun dengan tema percintaan yang sama. Sinetron sebenarnya merupakan tayangan yang seharusnya tidak di tonton oleh anak- anak dan remaja. Sinetron ini dapat mengakibatkan dampak buruk dan dampak negatif terhadap sikap dan perkembangan anak dan remaja

Banyak sinetron yang bertema anak sekolah, mau sd, smp sampai sma, dan dengan cerita yang sama pada intinya yaitu cerita percintaan. Namun tahukah anda? Sinetron tentang anak sekolah yang bertema percintaan itu dan juga kehidupan remaja, dapat memberikan dampak dan pengaruh buruk dan negatif untuk keseharian seorang pelajar.

Sekarang ini sudah banyak terlihat oleh kita semua dampak dari sinetron untuk kehidupan remaja dan anak sekolah, di mulai dari cara berpakaian mereka. Banyak dari pelajar yang meniru gaya berpakaian para artis di sinetron kesayangan mereka, bahkan sampai seragam pun ada yang mereka rubah, seperti memendekkan rok nya, menggunakan asesoris yang berlebihan bahkan sampai tas sekolah pun terlihat seperti tas- tas yang sedang tren di kalangan artis remaja.

Dampak negatif sinetron yang lain juga, membuat para remaja malas untuk belajar, menonton banyak sinetron itu malah membuat para remaja memimpikan kehidupan yang ada di sinetron itu menjadi kenyataan di kehidupan mereka. Mereka juga malah cenderung meniru perilaku remaja yang ada di sinetron tersebut, seperti gaya rambut, gaya berpakaian, bahkan sampai gaya berbicara mereka, mereka lakukan itu semua demi mendapatkan keinginan agar terlihat mirip dengan idola artis mereka di sinetron tersebut.

Tentu hal ini jika di biarkan akan malah menjadi semakin tidak baik, dan akan semakin meluas dampak negatifnya. Sebagai orang tua dan guru, kita harus sama- sama memperhatikan anak- anak dan remaja jaman sekarang, kita harus memperhatikan apa saja yang sering menjadi tontonan mereka di televisi dan sebisa mungkin kita berusaha untuk mengurangi kebiasaan anak kita yang sering menonton sinetron tersebut. Biasakan lah anak kita untuk menonton tayangan yang berkualitas dan mendidik serta aman bagi anak- anak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar