Rabu, 08 Oktober 2014

Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan karakter anak

Lingkungan sangatlah berpengaruh besar terhadap karakter dan kepribadian anak. Jika lingkungan itu baik, maka kepribadian dan karakter anak pun akan terbawa baik, jika lingkungan itu buruk, maka sebaliknya, karakter dan kepribadian anak pun akan menjadi buruk. Lingkungan disni merupakan lingkungan di sekitar anak itu sendiri, mau lingkungan sekitar rumah, sekolah atau tempat lainnya. Maka untuk para orang tua haruslah bisa memilih lingkungan yang baik untuk perkembangan karakter dan kepribadian anak anda. Jangan sampai memilih.

Sebagai mahluk sosial, sedari dini anak memang harus diajarkan untuk bisa bergaul di lingkungan sekitarnya, namun lingkungan sekitarnya itu ada yang baik dan ada yag buruk, karena anak itu sendiri tidak dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, maka tugas orang tua lah untuk mengarahkan anak menuju lingkungan yang baik. Orang tua juga harus mau terjun ke lingkungan sekitar anak untuk melihat langsung apakah lingkungan di sekitarnya baik atau buruk.




Oleh karena itu, sudah menjadi tugas utama seorang pendidik untuk menciptakan atau menyediakan lingkungan yang positif agar dapat menunjang perkembangan si anak dan berusaha untuk mengawasi dan menghindarkan pengaruh faktor lingkungan yang negatif yang dapat menghambat dan merusak perkembangan sang anak.

Pertama : lingkungan masyarakat
Lingkungan masyarkat adalah lingkungan sosial yang lebih luas dan sangat berpengaruh besar terhadap anak.sebagai orang tua, anak sedari kecil memang harus dibiasakan untuk bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Lingkungan masyarakat juga bisa membuat karakter anak dan kepribadian anak yang berbeda- beda. Contohnya, anak yang tumbuh dan dibesarkan di lingkungan tentara, anak itu cenderung pemberani  dan keras karena orang tuanya yang seorang tentara. Ia bahkan bisa bertindak semaunya terhadapa teman- temannya. Begitu pula anak yang tumbuh dan dibesarkan di lingkungan perumahan elit, masyarakat yang cenderung hidup individu atau masing- masing membuat kepribadian anak itu pun berubah sesuai dengan lingkungannya.

Anak- anak yang dibesarkan di perkampungan, yang terdapat masjid dan ramah tamah warga yang masih terjaga, akan membuat kepribadian anak itu menurut pada lingkungannya, anak itu akan sering pergi ke masjid bersama teman- temannya, melakukan kegiatan –kegiatan warga bersama masyarkat lainnya.

Untuk itu sebagai orang tua hal ini juga penting itu masa depan anak kelak, anda harus pandai dalam memilih lingkungan tempat tinggal anda dan anak anda nanti.






Kedua : lingkungan sekolah
Sama halnya seperti lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah merupakan lingkungan kedua setelah keluarga, tentu saja jika anak Anda sudah pada masa sekolah. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar jeli dalam memilih tempat sekolah untuk Anak. Jangan gegabah atau asal-asalan. Bagaimanapun, lingkungan sekolah akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar